Mohon tunggu...

Nexa

Glosarium


1. PENDANAAN PENDIDIKAN, menampilkan:
  • a. Total alokasi APBD 2018 yaitu jumlah seluruh anggaran dan belanja daerah tahun 2018.
  • b. Dana Daerah yaitu anggaran pendidikan menurut urusan pendidikan di luar transfer daerah.
  • c. Transfer Daerah yaitu anggaran pendidikan yang berasal dari APBN.
  • d. Anggaran Non Urusan Pendidikan yaitu anggaran pendidikan yang terdapat di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain.
  • e. Rincian Dana Transfer Daerah Bidang Pendidikan di kabupaten/kota yang terdiri dari: DAK Fisik, TPG, Tamsil, TKG, DAU (Gaji GTK PNSD), BOP PAUD.
  • f. Rincian Dana Transfer Daerah Bidang Pendidikan di provinsi yang terdiri dari : DAK Fisik, TPG, Tamsil, TKG, DAU (Gaji GTK PNSD), BOS.
  • g. Alokasi Anggaran Bantuan Pemerintah (bersumber dari APBN) di provinsi, meliputi bantuan untuk: SMA, SMK, dan PKLK.
  • h. Alokasi Anggaran Bantuan Pemerintah (bersumber dari APBN) di kabupaten/kota, meliputi bantuan untuk: PAUD-DIKMAS, SD, SMP, GTK, dan Kebudayaan.
  • i. Grafik perbandingan antara persentase alokasi anggaran urusan pendidikan dengan transfer daerah*) dan anggaran urusan pendidikan di luar transfer daerah*).
  • j. Persentase Realisasi Program Indonesia Pintar (PIP) menyajikan data persentase realisasi penerima dan penyerapan anggaran.
  • k. Persentase alokasi anggaran pendidikan (menurut urusan) di luar transfer daerah dalam bentuk tabel tren alokasi tahun 2015, 2016, 2017 dan 2018.
    • *) Rumus Penghitungan Persentase Anggaran Urusan Pendidikan:
    •     i. Anggaran Urusan Pendidikan dengan Transfer Daerah

    •         

    •     ii. Anggaran Urusan Pendidikan di Luar Transfer Daerah

    •         




2. DATA PENDIDIKAN DAERAH. Menampilkan jumlah satuan pendidikan, ruang kelas, peserta didik dan pendidik per jenjang pendidikan formal dan nonformal. Jumlah pendidik formal yang ditampilkan adalah kategori guru aktif, yaitu guru yang memiliki sekolah induk dan pembelajaran, atau guru yang tidak memiliki sekolah induk namun memiliki pembelajaran dengan jumlah jam mengajar minimal 6 jam.

3. INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA 2017. Menampilkan pencapaian skor Indeks Pembangunan Manusia (IPM) selama kurun waktu 2013 – 2017. Ditampilkan pula pencapaian skor Harapan Lama Sekolah (HLS), Rerata Lama Sekolah (RLS), dan perbandingan skor IPM kabupaten/kota, provinsi, dan nasional pada tahun 2017.
  • a. IPM adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan, dan standar hidup untuk semua negara seluruh dunia.
  • b. Harapan Lama Sekolah didefinisikan sebagai lamanya sekolah (dalam tahun) yang diharapkan akan dirasakan oleh anak pada umur tertentu di masa mendatang.
  • c. Rata-rata Lama Sekolah menunjukkan jenjang pendidikan yang pernah/sedang diduduki oleh seseorang.


4. ANGKA PARTISIPASI KASAR (APK) DAN ANGKA PARTISIPASI MURNI (APM) 2017/2018. Menampilkan persentase APK dan APM pada masing-masing jenjang pendidikan sederajat pada tahun pelajaran 2017/2018.

5. RASIO PENDIDIKAN. Menampilkan perbandingan jumlah siswa terhadap guru, jumlah siswa terhadap guru PNS, jumlah siswa terhadap rombel, dan rombongan belajar terhadap ruang kelas yang ada untuk setiap jenjang pendidikan.

6. KUALIFIKASI GURU. Menampilkan perbandingan persentase guru yang sudah dan belum memenuhi kualifikasi S1/D4 untuk setiap jenjang pendidikan pada tahun pelajaran 2017/2018.

7. GURU MENURUT USIA. Menampilkan jumlah guru PNS dan bukan PNS menurut rentang usia 5 tahunan, disajikan pula jumlah guru PNS yang akan pensiun dalam waktu 5 tahun ke depan.

8. GURU TERSERTIFIKASI. Menampilkan persentase perbandingan guru yang sudah tersertifikasi dan belum. Sertifikat pendidik diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar profesional guru.

9. SISWA PUTUS SEKOLAH DAN MENGULANG. Menyajikan data jumlah siswa yang putus sekolah (drop out) dan mengulang per jenjang pendidikan.

10. HASIL UJIAN NASIONAL. Menampilkan rerata hasil Ujian Nasional (UN) pada jenjang SMP, SMA, SMK, Paket B, Paket C IPA dan Paket C IPS di kabupaten/kota, provinsi, dan nasional tahun pelajaran 2017/ 2018.

11. PERSENTASE UNBK PER JENJANG. Menampilkan persentase peserta UNBK dan jumlah peserta yang menggunakan kertas dan pensil (UNKP) pada jenjang SMP, SMA, dan SMK di Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional tahun pelajaran 2017/2018.

12. HASIL INDEKS INTEGRITAS UJIAN NASIONAL. Menampilkan rerata skor Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) pada jenjang SMP, SMA, dan SMK di kabupaten/kota, provinsi, dan nasional tahun pelajaran 2017/2018.

13. KONDISI RUANG KELAS. Menampilkan perbandingan jumlah ruang kelas yang kondisinya baik, rusak ringan, rusak sedang, rusak berat, dan rusak total di setiap jenjang pendidikan pada tahun pelajaran 2017/2018.

14. AKREDITASI PAUD DAN PNF. Menampilkan persentase Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang memperoleh hasil akreditasi A, B, C, dan belum terakreditasi.

15. AKREDITASI SEKOLAH. Menampilkan persentase sekolah yang memperoleh hasil akreditasi A, B, C, dan belum terakreditasi di setiap jenjang pendidikan. Pelaksanaan akreditasi SD, SMP dan SMA menurut satuan pendidikan, sedangkan SMK menurut program keahlian.

16. KEBUDAYAAN. Menyajikan data ragam budaya (Cagar Budaya, Desa Adat, Museum, Rumah Budaya Nusantara, Sanggar dan Komunitas). Data museum yang dimaksud di sini adalah museum yang sudah terdaftar di Direktorat Pembinaan Cagar Budaya dan Permuseuman (PCBM).

17. BAHASA DAERAH. Menyajikan jumlah bahasa daerah berdasarkan status bahasa daerah.