Mohon tunggu...

Nexa

Pertanyaan Terpopuler


Daerah mana saja yang terdapat dalam Neraca Pendidikan Daerah?
Neraca Pendidikan Daerah (NPD) memuat total 546 daerah yaitu NPD Nasional (1), NPD Provinsi (34), dan NPD Kabupaten/Kota (514).

Kapan Neraca Pendidikan Daerah dirilis?
Neraca Pendidikan Daerah disusun pada setiap akhir tahun anggaran, dan dirilis pada Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di tahun berikutnya.

Apakah data Neraca Pendidikan Daerah merupakan data real time?
Tidak, data di Neraca Pendidikan Daerah adalah data cut off sesuai dengan keterangan yang tertera di bawah data tersebut.

Mengapa tidak semua indikator dalam Neraca Pendidikan Daerah tersedia dari tahun 2015?
Neraca Pendidikan Daerah (NPD) mengalami perkembangan setiap tahunnya, sehingga terdapat beberapa indikator yang hanya tersedia di rilisan terbaru.

Bagaimana cara membaca indikator dalam Neraca Pendidikan Daerah?
Beri perhatian lebih pada bagian berwarna merah dalam setiap indikator, bagian tersebut dapat berupa hal penting ataupun titik lemah dari suatu daerah.

Apakah Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan (PASKA) yang mengumpulkan data dan informasi langsung ke daerah?
Tidak, PASKA menggunakan data dan informasi yang dimiliki K/L lain dan unit-unit utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam penyusunan NPD. Sumber data dari setiap indikator tercantum di bagian bawah data atau grafik.

Apa regulasi yang melatarbelakangi anggaran pendidikan harus 20%?
Hal itu tertuang dalam UUD 1945 Pasal 31 ayat 4 (amandemen ke-4) yang menyatakan bahwa "Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya dua puluh persen dari anggaran pendidikan dan belanja negara (APBN) serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional".

Apa perbedaan antara anggaran fungsi dan anggaran urusan pendidikan dalam APBD?
Anggaran fungsi pendidikan dalam APBD adalah anggaran yang difungsikan untuk pendidikan yang terdapat di semua Organisasi Perangkat Daerah, sedangkan anggaran urusan pendidikan adalah anggaran pendidikan yang terdapat di Dinas Pendidikan.

Siapa yang berwenang dalam pengelolaan pendidikan dasar dan pendidikan menengah?
UU 23/2014 tentang Pemerintah Daerah menjelaskan pembagian urusan pemerintahan bidang pendidikan yaitu pengelolaan pendidikan dasar (Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama) dilakukan oleh daerah Kabupaten/Kota sedangkan pendidikan menengah (Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan) dilakukan oleh daerah Provinsi.

Bagaimana cara untuk mendapatkan versi cetak Neraca Pendidikan Daerah?
Kunjungi Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan ya! Berkas NPD versi cetak bisa diunduh di laman Rumah Belajar.

Saya sudah menuliskan nama daerah, tetapi mengapa saya tidak bisa mengunduh atau melakukan komparasi?
Pastikan Anda menggunakan sugesti nama daerah yang muncul ketika mengetik nama daerah yang ingin dikunjungi. Sistem hanya bisa membaca penulisan nama daerah yang terdaftar di sistem.


Untuk mengajukan pertanyaan dan saran dapat melalui tautan berikut.