Mohon tunggu...

Nexa

Praktik Baik Pendidikan di Daerah

Kab. Bulungan

Kab. Bulungan (Provinsi Kalimantan Utara) menggunakan kombinasi Biaya Operasional Sekolah (BOS), Biaya Operasional Sekolah Daerah (BOSDA), tunjangan guru, corporate social responsibility (CSR), dan APBD 2019 sebesar Rp450 juta untuk melatih 502 orang guru SD dari 145 SD. Pelatihan yang dilakukan intensif selama 7 bulan mencakup 85 jam pelatihan.

Guru: Kompetensi Guru

Kota Surakarta

Pemerintah Kota Surakarta (Provinsi Jawa Tengah) melakukan mutasi (redistribusi) guru SD (274 orang) dan SMP (253 orang) yang memiliki pengalaman mengajar lebih dari 20 tahun pada tahun 2017. Hal ini bertujuan untuk pemerataan pendidikan di Kota Surakarta.

Guru: Redistribusi Guru

Prov. Kalimantan Barat

Gubernur mendorong seluruh kepala sekolah untuk terlibat langsung mengawasi siswa-siswa putus sekolah agar kembali ke sekolah.
(DKT NPD 2019)

Siswa Putus Sekolah

Kab. Dairi

Pemerintah Kabupaten Dairi melaksanakan program peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan dengan kegiatan Pembinaan Kelompok Guru (KKG) dan pelatihan kompetensi tenaga pendidik dan melaksanakan kerjasama dengan Universitas Terbuka dalam penuntasan kualifikasi Guru yaitu perkuliahaan jarak jauh.
(DKT NPD 2018)

Guru: Kompetensi dan Kualifikasi Guru

Kab. Malinau

Kab. Malinau (Provinsi Kalimantan Utara) melaksanakan program Gerakan Desa Membangun (Gerdema), yang salah satu kegiatannya memberikan beasiswa kepada siswa kurang mampu di desa tersebut agar tidak putus sekolah.
(DKT NPD 2017)

Siswa Putus Sekolah

Prov. Sulawesi Tenggara

Kab. Buton Selatan, Kab. Muna, Kab. Konawe Utara, dan Kab. Kolala Timur bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dalam pemberian bantuan bus sekolah bagi siswa miskin agar dapat terus bersekolah.
(DKT NPD 2017)

Siswa Putus Sekolah

Kab. Karangasem

Lembaga adat Desa Bunutan, Kab. Karangasem, Provinsi Bali membuat peraturan (awig-awig) tentang pernikahan dini untuk menekan angka putus sekolah.
(DKT NPD 2017)

Siswa Putus Sekolah

Kab. Pangandaran

Kab. Pangandaran (Provinsi Banten) mempunyai program Pangandaran Mengaji, dimana Pemda memberikan reward kepada 7000 guru ngaji yang melaksanakan pembelajaran nonformal.
Selain itu, Pemda juga memberikan honor guru honorer sebesar Rp3.000.000 per tahun untuk 1800 guru.
(DKT NPD 2017)

Guru

Kab. Banyuwangi

Kab. Banyuwangi (Provinsi Jawa Timur) mempunyai gugus tugas yang menangani anak-anak tidak mampu bekerja sama dengan polisi untuk mencari anak-anak yang tidak sekolah (putus sekolah).
(DKT NPD 2017)

Siswa Putus Sekolah

Kab. Landak

Kab. Landak (Provinsi Kalimantan Barat) menjalankan program Beasiswa Utusan Daerah (BUD) yang mampu menyediakan calon-calon guru.
(DKT NPD 2016)

Guru: Distribusi Guru

Kab. Indragiri Hilir

Untuk mengatasi kenakalan remaja akibat putus sekolah, salah satu kabupaten di Provinsi Riau ini melaksanakan Program Maghrib Mengaji yang tertuang dalam Peraturan Daerah Kab. Indragiri Hilir No. 2 Tahun 2016.
(DKT NPD 2016)

Siswa Putus Sekolah

Kota Ternate

Di daerah Ternate (Provinsi Maluku Utara) terdapat kegiatan dari Organisasi Peduli Pendidikan yang menjadikan data NPD sebagai bahan perbandingan antara satu Kab/Kota untuk menggugah Pemerintah Daerah agar lebih peduli dengan pendidikan.
(DKT NPD 2016)

Umum

Kota Tangerang Selatan

Kota Tangerang Selatan (Provinsi Banten) pendidikan tidak terkena intervensi politik dan sedang menerapkan tunjangan berbasis kinerja.
(DKT NPD 2016)

Guru